Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Urusan Mental

Urusan Mental

Setiap nonton atlet kita bertanding di arena olah raga, rasa ini selalu muncul. Rasa apa itu, yah...gemes melihat penampilan mereka. Bukannya mengecilkan arti perjuangan mereka, namun perasaan cuaca cepat sekali berubah. Dari yang perkasa, entah mengapa menjadi melempem secara tiba-tiba.

Seperti sore ini saat menyaksikan semi final Malaysia Open nomor ganda putra. Kejar-mengejar skor pada game kedua membuat jantung empot-empotan. Dari raut wajah kedua semifinalis nampak kontras. Pasangan Jepang, Sonoda dan Kimura nampak begitu percaya diri. Sedangkan pasangan kita Fajar dan Rian terkesan sebaliknya. Kalau sudah begini apa tidak membuat kita pesimis.

Pada nomor tunggal putrapun sama. Jonathan Christie yang pada game pertama menghancurkan Cheng Long. E...pada game ketiga terkesan kehilangan akal. Dan dapat ditebak hasilnya, kalah. Yah, akhirnya Fajar dan Rian kalah straight set.

Urusan mental memang hanya milik para pemberani, Jepang, China dan Korea. Tatapan mata penuh percaya diri sudah menjadi separuh kemenangan. Tatapan mata tajam nampu merontokkan mental lawan. Dan ini yang menimpa para pebulutangkis kita. Akhirnya ketika mental yang menjadi masalah, maka jangan harap juara dapat diraih.

Oke Jojo dan Fajar-Ryan, balas di turnamen berikutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mental juara

06 Apr
Balas

Harusnya, tapi....

06 Apr

Begitulah, Pak Guru. Kita siapkan mental juara terlebih dahulu, sebelum menjadi juara. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

06 Apr
Balas

Lha, yaitu masalahnya mentalnya mental terus. Salam juga Bun.

06 Apr

menang mental setengah juara, selebihnya teknik dan strategi. semoga pada turnamen berikutnya bisa lebih baik.

06 Apr
Balas

Siap.

06 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali