Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Singaraja, Yogyanya Bali ( Bali #2 )

Singaraja, Yogyanya Bali ( Bali #2 )

Wilayah Singaraja barangkali termasuk wilayah Bali yang kurang dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali. Singaraja sendiri adalah ibukota kabupaten Bulelelng selama ini hanya menjadi exit door (pintu keluar) para wisatawan yang akan meninggalkan pulau Dewata kembali ke Jawa. Jalur yang ditempuh biasanya setelah dari danau Bedugul kemudian melintasi pegunungan lalu turun ke Singaraja selanjutnya menuju pelabuhan Gilimanuk.

Hal lain yang membuat Buleleng menjadi Bali yang lain adalah kehidupan masyarakatnya yang tidak segemebyar Denpasar maupun kota-kota yang lain. Kehidupan terkesan adem ayem dan didominasi dengan tanah pertanian bukan deretan hotel maupun pertokoan mewah.

Namun dibalik kesederhanaan itu, ternyata Singaraja tengah menuju untuk menjadi Yogyanya Bali, artinya akan menjadi kota pendidikan. Hal ini jelas bukan tanpa dasar. Sejak jaman dahulu, Singaraja merupakan kota di Bali yang paling giat membangun sektor pendidikan. Sehingga tak heran para pelajarnya mampu berbicara banyak dalam prestasi di Bali sendiri maupun secara nasional. Dan di Singaraja ini terdapat sebuah perguruan tinggi yang membanggakan dengan 11 ribu mahasiswa, yaitu Universitas Pendidikan Ganesha.

Nampaknya bukan hal yang aneh jika Singaraja berusaha menggunakan brand pendidikan sebagai daya tarik. Apalagi selama ini pembangunan pesat kebanyakan terjadi di Bali Selatan bukan di Singaraja yang termasuk Bali Utara. Dan jika ini terwujud, bukan tidak mungkin Singaraja akan menjadi Yogyanya Bali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Tempat yg keren Bapak. Semoga bisa berkunjung kesena. Sukses Pak.Barakallah

05 Apr
Balas

Aamiin.

05 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali