Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Sakitnya Tuh Disini!
https://topgokilabis.blogspot.com/2018/06/gambar-kartun-hp.html

Sakitnya Tuh Disini!

Rasa dongkol itu tanpa dikomando merunyak ke dalam dadaku. Perasaan yang sedari tadi dalam keadaan cerah, sontak menjadi mendung nan gelap. Apalagi penyebabnya kalau bukan karena masalah komunikasi. Lha bagaimana tidak jengkel, sudah mengirim pesan via aplikasi whats app dan mengharapkan jawaban. Ternyata yang muncul hanya tanda centang biru sebanyak 2 buah. Artinya pesan yang terkirim hanya dibaca saja.

Kondisi semacam ini pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Dan perasaan dongkolpun pasti juga pernah dirasakan. Nah, disinilah yang barangkali harus kita fahami akan etika berkomunikasi. Karena meskipun pesan tersebut berupa tulisan yang terkirim lewat aplikasi, namun pada dasarnya pesan tersebut juga merupakan wakil si pembuat pesan. Dalam artian perlakuanpun harus sama.

Demikian pula dalam penggunaan bahasa dalam sebuah pesan. Ketidakhati-hatian dalam memilih kata dapat berakibat runyam dan bukan tidak mungkin melahirkan permusuhan. Karena ketika kita membaca pesan, secara sontak kita juga dapat membayangkan ekspresi si penulis pesan tersebut. Ekspresi marah, senang, khawatir dapat tercermin dalam rangkaian kata yang kita susun.

Pada akhirnya kita harus bijak dalam menggunakan sosial media. Karena sosial media ibarat pisau bermata dua, dapat menjadi racun ataupun madu bagi kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bijak sana bijak sini. Saling respon insyaallah damai. Salam literasi...

09 Apr
Balas

Damai juga Bun.

09 Apr

Iya pak sepakat. Komunikasi bisa mengunakan ragam bahasa apakah tulis, verbal, dan simbolistik. Pasti kentara perwujudan sikap si penguna bahasanya. Sangat menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat pak Agus

09 Apr
Balas

Betul, Pak Guru. PPK-nya gak tuntas tu. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

09 Apr
Balas

Salam juga Bun.

09 Apr

Menggunakan media sosial memang harus bijak. Jangan justru mengundang sakit hati. Terima kasih Pak Agus. Salam kenal kembali.

10 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali