Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Safety Reading is Safe for All

Safety Reading is Safe for All

Menemukan pengendara maupun pengemudi sembrono di jalanan bukanlah hal yang sulit. Boleh dibilang ibarat mencari uban di kepala aki-aki, alias banyak sekali.

Berkendara secara sembrono tentu saja adalah perilaku yang tidak bijak. Kesembronoan mereka bukan hanya berbahaya bagi dirinya sendiri, namun juga bagi orang lain. Kalau yang menjadi korban adalah dia sendiri mungkin bukan masalah, namun jika orang lain yang menjadi korban tentu saja masalah besar.

Secara umum ada 3 kategori pengendara di jalan raya berkaitan dengan aturan dan etika berlalulintas.

Pertama, adalah golongan yang tidak faham dengan aturan dan etika berlalulintas. Biasanya ini (maaf) didominasi oleh emak-emak. Kebiasaan salah menggunakan lampu sein, menggantungjan belanjaan di stang krmudi, membelok sembarangan bahkan berhenti sembarangan menjadi pemandangan biasa.

Kedua, golongan yang tahu tapi tidak mau tahu. Nah golongan ini didominasi oleh anak-anak muda. Kebiasaan memacu kendaraan dengan cepat, zig-zag, membelok sembarangan, menerobos lampu lalu lintas adalah perilaku yang mereka lakukan.

Ketiga, golongan yang mematuhi aturan dan etika berlalulintas. Golongan inilah justru sering menjadi korban kedua golongan di atas.

Pada akhirnya perlu kesadaran kita bersama untuk memahami dan mematuhi aturan berlalulintas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Iya, Pak. Ngeri sekali. Sehingga hal seperti itu sering membuat pengendara lain bingung saat mengemudi.

10 Apr
Balas

Ya pak. Akhirnya yang waras yang mengalah. He...he...he...

10 Apr
Balas

Uthi Raihana Rasyid salah satu korban lakalantas. Tiba-tiba ada yang nyelonong dari arah kiri, brakkk...Uthi jatuh....deh. Jazakallah khoir untuk tulisan yang mengjngatkan kita akan kesadaran berlalu lintas yang baik. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

10 Apr
Balas

O..begitu. Tapi sudah membaik kan, turut prihatin. Salam kembali.

10 Apr

Lampu merah main terobos...tidak memakai helm...bikin gemess rasanya...

10 Apr
Balas

Di Kebumen juga sama ya mbak?

10 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali