Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya

PPDB Zonasi, Re-start bagi Sekolah Negeri

Hari ini, tanggal 9 Juli 2019 pengumuman PPDB bagi SMA di Jawa Tengah akan diumumkan. PPDB yang menggunakan sistim zonasi akan menjadi barang baru bagi SMA negeri di pelosok propinsi ini. Apalagi kalau bukan heterogenitas calon peserta didik yang akan diterima. Heterogenitas kemampuan akademik yang akan menjadi warna baru bagi setiap sekolah negeri. Kendati slot peserta didik berprestasi, namun secara mayoritas ukuran jarak tempuhlah yang mendominasi calon peserta didik baru kali ini.

Istilah re-start dalam tulisan ini dikaitkan dengan keharusan setiap sekolah negeri untuk menstel ulang mesin-mesin produksinya. Jika selama ini mereka sangat nyaman dengan menggunakan satu irama, maka kali ini hal itu tidak dapat dilaksanakan lagi. Pelayanan yang dilakukan harus mampu mencakup semua peserta didik dengan kemampuan akademik yang sangat beragam. Hal ini tentunya bukan pekerjaan mudah.

Mesin-mesin produksi di sekolah-sekolah negeri unggulan pasti akan terganggu pada kegiatan pembelajaran tahun ini. Pendekatan yang dilakuikan para gurupun harus berubah total. Mereka tidak bisa lagi mengharapkan pada peserta didiknya untuk mencapai hasil maksimal seperti yang selama ini telah berjalan. Bagi sekolah-sekolah negeri kategori non favoritpun tak jauh berbeda. Input berupa peserta didik dengan kemampuan akademik tinggi tentu saja akan mendatangkan tantangan baru. Jika pendekatan yang dilakukan masih seperti yang dahulu, maka dapat dipastikan prestasi akademik peserta didik tersebutpun akan terbonsai.

Jadi pada dasarnya regulasi dengan mengatasnamakn zonasi tak ubahnya regulasi dalam Motor GP. Peruibahan yang berujud heterogenitas input mewajibkan sekolah-sekolah negeri melakukan stel ulang terhadap mesin-mesinnya. Pacuan akan menjadi semakin menarik, karena setiap sekolah masih asing dengan settingan mesin baru tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Tantangan yang cukup berat sebenarnnya. Namun bagaimanapun, semua sekolah harus siap melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

09 Jul
Balas

Benar Pak. Termasuk di sekolah kami.

09 Jul

Semoga dengan zonasi busa mememberikan hasil yang melebihi harapan. Siswa tertarik prestasinya, menjadi lebih baik dan bukan sebaliknya.

09 Jul
Balas

Aamiin. Makasih mas Sopyan sudah mampir.

09 Jul

Semoga kebaikan yang didapat. Sukses selalu dan barakallahu fiik

09 Jul
Balas

Aamiin. Terima kasih Bun.

09 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali