Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Pernah di Luar Negeri

Pernah di Luar Negeri

Judul yang saya buat kali ini pasti membuat sebagian orang mengernyitkan dahi. Pernah di luar negeri saja dipamerin. He…he…biar saja, yang penting pernah.

Ungkapan ini sebenarnya pas kalau dikatakan saat ini, tapi kalau sekitar 20 tahun yang lalu ya…tidak pas. Sebab luar negeri yang saya maksud adalah Timor Timur, yang saat itu dinobatkan sebagai propinsi kita yang ke 27. Kalau sekarang sudah lain, menjadi negara tetangga yang bernama Timor Leste.

Pengalaman mengajar selama 10 tahun di Timor Timur mungkin tidak dirasakan oleh semua orang. Kebetulan saya begitu lulus dari IKIP Negeri Yogyakarta langsung dikirim ke bekas jajahan Portugis tersebut. Dan sekaligus menjadi pengalaman pertama mulai mempraktekkan hasil kuliah selama 3 tahun.

Ada hal yang menjadi sesuatu bagi saya saat berada disana. Keberadaan teman-teman guru yang berasal dari berbagai suku di tanah air, memberikan tambahan wawasan bagi saya. Bayangkan saja beberapa guru di sekolahan kami berasal dari Papua, Ambon, Nusa Tenggara, Jawa, Bali dan masih banyak lagi yang lainnya (kok jadi seperti lagunya bang Haji Oma Irama).

Keberagaman tersebut membangun jiwa toleransi di antara kami. Keberadaan kami sebagai pendatang membuat erat tali persaudaraan di antara kami, tanpa memandang suku maupun agama. Sehingga bukan hal yang aneh jika tiga hari raya keagamaan tersajidi depan kami semua,mulai dari Lebaran, Natal maupun Nyepi. Dan hebatnya tidak ada pengkotak-kotakan di antara kami, asal tidak menyinggung masalah peribadatan.

Sisi lain yang saya dapatkan adalah kemampuan memahami perilaku maupun kebiasaan di antara teman-teman dari suku ataupun agama lain. Sungguh sebuah pelajaran yang sangat berharga. Dan Alhamdulillah, tali silaturahmi tersebut tetap terjaga hingga hari ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keberagam itu indah, Pak Agus. Asalkan ita bisa menempatkan diri. Salam bahagia dan sukses selalu...

18 Apr
Balas

Bett..tul Bun. Salam bahagia dan sukses juga untuk jenengan.

18 Apr

Satu pengalaman yang tak terlupakan ya, Pak Agus?

18 Apr
Balas

Nggih pak Edi. Buat cerita anak putu.

18 Apr

Banyak pengalaman di Timor yg tak terlupakan....

16 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali