Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Our Founding Father

Our Founding Father

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal dengan Bung Karno. Dapat dipastikan 99% rakyat Indonesia mengenalnya. Bahkan nama beliaupun masuk dalam catatan tokoh dunia yang disegani. Hal ini ditandai dengan penggunaan nama maupun simbol Bung Karno di luar negeri.

Kehebatan nama Bung Karnopun menjadi dagangan laris pada masa kampanye. Setiap partai berusaha membawanya dalam setiap kampanye. Satu bukti lagi bahwa nama bung Karno memang menjual.

Sisi lain yang juga tidak kalah seru adalah penilaian terhadap bung Karno sendiri. Tak dapat dipungkiri kontrovesi selalu terjadi mengenai bung Karno. Penilaian yang tak jarang berseberangan, terkadang memancing pada perdebatan berkepanjangan. Hal inilah yang seharusnya kita hindari.

Pada prinsipnya bahwa setiap tokoh punya panggung masing-masing. Siapapun dia akan mempunyai peran masing-masing. Bung Karno memang harus tampil pada saat negara kita mencapai kemerdekaan. Pak Hartopun tampil pada saat Indonesia mulai membangun. Demikian juga Gus Dur, Habibi, Megawati, SBY maupun Jokowi. Tak terbayangkan jika mereka tampil salah panggung. Semisal bunf Karno menjadi presiden pada saat ini, atau sebaliknya.

Setiap pemimpin pasti mempunyai nilai lebih ataupun nilai kurang. Maka sudah seyogyanya kita menerima mereka apa adanya, tanpa ada hujatan diantara kita. Demikian pula dengan keberadaan salah satu our founding father, Bung Karno.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Tipe-tipe orang nomor 1 Indonesia itu sangat khas satu sama lain. Mereka tidak terlepas dari proses politik yang menyertainya bahkan merekapun bisa jatuh karena proses politik memposisikan bersalah. Semoga Indonesia tetap jaya siapapun pemimpinnya dengan karakter yang bebeda satu sama lain. Tulisan yang mengingatkan bahwa setiap orang itu gaya memimpinnya berbeda. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

29 Jun
Balas

Ya mas Mulya, terkadang kita begitu mudah memvonis seseorang. Makasih mas Mulya.

29 Jun

Pengamat lebih hebat dibandingkan pelaksana

29 Jun

Wow, Bung Karno sang proklamator. Sukses selalu dan barakallahu fiik

29 Jun
Balas

Yap Bun. Tokoh besar.

29 Jun

Teringat kita dengan gaya pemimpin kita yang lalu. Kitapun bisa menarik garis itu di MediaGuru setiap penulus memilimi gaya tersendiri. Barakallah Mas Siswanto selalu sehat

29 Jun
Balas

memiliki

29 Jun

Setuju Abah, pada dasarnya setiap orang mempunyai style yang berbeda.

29 Jun

Sy suka BK dari sisi kepenulisannya. Sy pernah membaca buku lawas karangan BK dg judul 'Sarinah.' Puluhan tahun lalu saat jd mahasiswa. Ikut baca di perpustakaan bapaknya teman kuliah. Isinya sarat makna, terutama ttg perjalanan kaum hawa dari zaman pra sejarah hingga era beliau hidup. Masya Allah.

29 Jun
Balas

Memang setiap orang pasti punya 2 sisi kehidupan yang harus imbang kita lihat. Terima kasih bu, sudah mampir.

30 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali