Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Nak, Kalian Baru Mulai

Nak, Kalian Baru Mulai

Menyaksikan anak-anakku dalam Wisuda Purna Siswa tahun ini, ada rasa yang gaduh dalam hatiku. Tak ubahnya makan permen Nano Nano, ada yang manis, kecut, pahit dan asin di dalamnya. Manisnya karena kulihat wajah mereka berseri setelah 3 tahun bergumul dengan segala kesulitan dalam belajar. Rasa kecut muncul, manakala kubayangkan mereka harus bertempur di medan yang baru. Pahitku membayangkan mereka yang gagal meraih citanya. Asinku, mungkin karena air mataku yang mengalir ke bibirku.

Tak ubahnya dengan tahun-tahun lalu, wisuda purna siswa selalu menjadi pintu keluar mereka dari sekolahan ini. Sebagai simbol keberhasilan mereka berjuang dengan segala upaya untuk menuntut ilmu. Dan selembar kertas yang bernama ijazah menjadi dokumen legal untuk melanjutkan perjalanan mereka.

Terkadang muncul senyum yang tertahan melihat kegembiraan mereka. Nak, kalian baru mulai, bisikku dalam hati. Kelulusan kalian dari bangku SMA bukanlah akhir perjalanan. Justru inilah saat kalian akan dihadapkan kehidupan yang lebih keras yang menuntut kemandirian kalian. Ingatlah di luar sana segalanya akan berubah. Tidak ada lagi guru-guru kamu yang ceriwis mengingatkanmu. Tidak ada lagi pengawasan orang tua secara terus menerus. Tidak ada lagi kewajiban kalian untuk belajar setiap hari. Pendek kata bangku kuliah akan lain sama sekali dengan bangku sekolah.

Nak, kalian baru mulai, itu lagi yang kubisikkan. Kemandirian dan tanggung jawab menjadi 2 kata yang harus kalian pegang kuat. Kebebasan yang kalian dapatkan setelah lulus SMA ibarat pedang bermata dua. Satu sisi ia akan mampu menjadi bekal hidupmu. Di sisi lain ia akan dapat menghujam ke dirimu sendri. Akhirnya semua kembali pada dirimu.

Nak, kalian baru mulai!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ikut larut dalam haru Pak. Sukses selalu dan barakallahu fiik

13 May
Balas

Terima kasih Bun, atas kunjungannya.

13 May

Tugas kita membimbingnya. Selanjutnya do'a untuknya. Barakallah Pak Siswanto

13 May
Balas

Ya Abah, pasti doa terbaik untuk mereka. Salam bahagia juga Abah.

13 May

Lulus SMA semoga menjadi pintu gerbang untuk menuju keberhasilan anak-anak didik kita. Artinya merupakan awalan yang baik meraih kesuksesan Aaamiiin. Barakallah..pak Agus

13 May
Balas

Yah, itu harapan kita sebagai guru Bun.Aamiin.

13 May

Lulus SMA semoga menjadi pintu gerbang untuk menuju keberhasilan anak-anak didik kita. Artinya merupakan awalan yang baik meraih kesuksesan Aaamiiin. Barakallah..pak Agus

13 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali