Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Kampanye itu Ternyata Sama dengan Wira-wiri
http://kokkangkampungkartun.blogspot.com

Kampanye itu Ternyata Sama dengan Wira-wiri

Kesimpulan ini jangan dianggap sebagai pengertian yang serius, apalagi sampai dicari di dalam KBBI. Jelas tidak aka nada kaitannya. Kesimpulan ini saya ambil dengan secara sembarangan.

Definisi kampanye menurut UU Pemilu adalah kegiatan peserta Pemilu untuk menyakinkan pemilih dengan menyampaikan visi dan misi program dan atau citra diri peserta Pemilu. Nah, itulah definisi yang resmi. Tapi, hari Sabtu tanggal 13 April 2019 kemarin, yang merupakan jadwal terakhir kampanye sebelum memasuki hari tenang bukan hal itu yang terjadi. Hampir seharian suara motor digeber wira-wiri sepanjang jalan. Lalu saya berfikir, inikah yang namanya kampanye?

Namun ketika saya tengok di kiri-kanan jalan ternyata berjubel orang menyaksikan konvoi tersebut. Suara knalpot yang memekakkan telinga bagi mereka dianggap sebagai hiburan tersendiri. Demikian pula bagi anak-anak kecil, sambil melambai-lambaikan bendera atau gambar partai politik yang tengah lewat terasa menyenangkan. Sedangkan aku sendiri dengan Varioku harus berhati-hati berkendara di antara para peserta kampanye.

Akhirnya dalam hatiku berkata, barangkali memang inilah yang taraf pemahaman mereka tentang kampanye. Baik bagi para peserta maupun penontonnya, buktinya keduanya bisa saling menerima. Karena dalam bahasa komunikasi yang penting adalah pesan tersampaikan, cara yang digunakan terserah keduanya.

Dan hari ini semua telah kembali seperti sediakala. Tinggal marilah kita renungkan pilihan kita masing-masing tanpa harus gembar-gembor kiri kanan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pilihan hati msg2 kita dah ada. Tinggal realisasinya tgl 17. Siap mencoblos...

14 Apr
Balas

Sip. Pokoknya saling menghargai pilihan. Itu baru sip.

14 Apr

Betul, Pak. Saya pun kemarin terpaksa harus berhenti lama untuk menunggu arak-arakan kendaraan seperti itu lewat semua.

14 Apr
Balas

Nggih pak, sekali-kali kita nikmati. Kan tidak setiap hari. Salam pak Edi.

14 Apr

Sama ya Pak di sana sini. Semoga kampanye mereka tak hanya menyisakan ramenya deru motor dan penonton namun bisa memutuskan secara tepat pilihan ppemimpinnya

14 Apr
Balas

Iya gitu seharusnya. Tapi mereka bisa nggak ya? Trims sudah mampir.

14 Apr

Sangat disayangkan, kampanye salah satu partai banyak melibatkan anak-anak, sekilas saya lihat metro mini yang akan membawa mereka ke tempat tujuan kampanye dipenuhi anak-anak remaja dan balita. Mudah-mudahan yang terbaik buat bangsa kita, Aamiin

14 Apr
Balas

Netral kok ya pak... asal jangan golput.

14 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali